Virus Corona di 6 Negara ASEAN

  • Whatsapp
banner 468x60

Wabah virus corona hingga Sabtu (1/1/2020) dilaporkan terdapat 11.274 kasus yang telah terkonfirmasi ke seluruh dunia. Sebanyak 259 orang dilaporkan telah meninggal dunia. Darurat Kesehatan Global telah diumumkan organisasi kesehatan dunia WHO. Sulit dikendalikan telah dilaporkan saat ini 25 negara telah ditemukan kasus. Sebagian Negara yang ada di Asia Tenggara termasuk ke dalam 25 negara yang terkonfirmasi tersebut. Seperti dilaporkan kompas.com (1/2/2020) berikut Negara-negara Asia Tenggara yang ditemukan virus corona:

  1. Filipina

Pada Kamis (30/1/2020) lalu, Filipina menkonfirmasi kasus pertamanya terkait dengan virus corona Wuhan.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kesehatan Filipina Francisco Doque sebagaimana dikutip CNN.

Pada 21 Januari 2020, pasien merupakan wanita berusia 38 tahun dari Wuhan yang tiba di Filipina melalui transit di Hongkong.

2. Malaysia

Melansir SCMP,  Malaysia menkonfirmasi satu lagi kasus virus corona pada Kamis (30/1/2020). Kasus baru ini membuat total kasus virus corona di negara tersebut menjadi sebanyak 8 kasus.

Kasus kedelapan terjadi pada seorang perempuan berusia 49 tahun yang telah dirawat di isolasi Permai Hospital, negara bagian selatan Johor dan dilaporkan berada dalam kondisi stabil.

3. Thailand

Berita terbaru menyatakan bahwa Thailand telah mencatat penularan virus corona antar manusia pertama setelah seorang supir taksi terinfeksi oleh wisatawan.

Melansir The Guardian, supir taksi tersebut merupakan satu dari lima pasien baru yang dikonfirmasi pada Jumat (31/1/2020).

Hingga kini, total kasus virus corona yang tercatat di negara ini mencapai 19 kasus. Banyaknya kasus yang ditemukan membuat Thailand disebut sebagai negara dengan kasus virus corona terparah di luar China.

4. Singapura

Pada Jumat (31/1/2020), Singapura juga kembali menyatakan dua kasus baru virus corona di negaranya. Penambahan tersebut membuat jumlah total kasus virus corona di Singapura menjadi 3 kasus.

Mengutip SCMP, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan kasus pertama virus corona pada Kamis (30/1/2020). Pasien pertama merupakan seorang laki-laki berusia 66 tahun asal Wuhan yang tiba di Singapura pada 20 Januari 2020 dengan 9 temannya.

Pasien ketiga yang terkonfirmasi merupakan anak pasien pertama yang berusia 37 tahun.

Sementara, kasus kedua merupakan perempuan berusia 53 tahun, yang juga berasal dari Wuhan, dan tiba di Singapura pada tanggal 21 Januari 2020.

5. Kamboja

Pada 27 Januari 2020, Kamboja juga telah menkonfirmasi kasus pertamanya terkait virus corona.

Mengutip Al Jazeera, Menteri Kesehatan Kamboja, Mam Bunheng, mengatakan bahwa pasien merupakan seseorang berkebangsaan China berusia 60 tahun.

6. Vietnam

Vietnam juga telah menkonfirmasi kasus virus corona di negaranya. Melansir Al Jazeera, hingga kini, ada lima kasus yang telah terkonfirmasi di negara tersebut.

Semuanya merupakan warga Vietnam yang telah kembali dari Wuhan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *